Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda

Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda

Assalamu’alaikum rekan-rekan semuanya, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda yang harus anda ketahui.

Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda

Kaburnya penglihatan pada usia muda sangat disayangkan bukan ??  Umumnya seiring bertambahnya usia, maka penglihatan pun akan bertambah kabur. Dulu, tidak banyak orang yang berusia sekitar 20-an menggunakan kacamata. Namun saat ini telah banyak orang yang penglihatannya sudah terganggu meskipun masih berusia muda. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau permasalahan medis yang menimpa seseorang di usia muda.

Untuk mengatasi kondisi ini anda harus tau Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda, agar ke depannya anda bisa mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Ternyata ada berbagai hal yang tanpa disadari menimbulkan indera penglihatan menjadi kabur pada usia muda. Apa sajakah itu ?

  • Sering Mengucek mata

Sering mengucek mata menggunakan tangan adalah salah satu penyebab penglihatan menjadi kabur. Pasalnya setiap orang mungkin akan geram jika mata mereka terkena sedikit debu, sehingga tanpa disadari tangan mereka akan secara refleks mengucek mata.

Ketika hal tersebut dilakukan terlalu sering bukan hanya membuat kornea mata anda mengalami pembengkakan, namun juga akan membuat mata anda berubah menjadi kemerahan, penglihatan kabur seperti rabun jauh dan sebagainya. Bahkan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kebutaan, hal ini dikarenakan terjadinya infeksi atau iritasi para pada mata yang tidak segera diatasi.

  • Menatap layar tanpa batas waktu

Otot mata juga akan mengalami kelelahan jika duduk terlalu lama di depan komputer / TV, hal ini memungkinkan kesehatan mata terganggu. Saat tanpa sadar mata terus berkonsentrasi melihat layar digital sepanjang waktu membuat tuingkat ketegangan mata anda meningkat, selain itu juga melihat layar tanpan batas waktu dapat menyebabkan seseorang berisiko mengalami penyakit miopia.

  • Menderita penyakit mata Glaukoma

Glaukoma merupakan kondisi dimana tekanan intraokuler (dalam mata) meningkat. Secara alamiah mata akan memproduksi cairan mata yang menjaga kejernihan dan fungsi mata, cairan ini secara normal akan keluar melalui saluran dalam mata. Apabila saluran ini tersumbat maka proses tersebut bisa meningkatkan tekanan bola mata yang akhirnya akan menyebabkan penglihatan terasa kabur.

Penyakit ini biasanya menyerang orang yang menderita diabetes dan retinopati diabetes. Ada 4 jenis glaukoma yaitu glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma kongenital dan glaukoma sekunder.

  • Kurang memperhatikan kebersihan lensa kontak

Ketika kotoran masuk ke dalam lensa kontak dikarenakan terlalu lama memakainya akan mengakibatkan lensa kontak dipenuhi oleh bakteri, lendir, protein dan mineral yang mengendap. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka kinerja indera penglihatan akan mengalami gangguan, Gejala awal yang dirasakan yaitu mata mulai sakit yang lambat laun akan memengaruhi penglihatan dan akan menjadi kabur. Untuk itu jagalah kebersihan lensa kontak mata dan ganti dengan yang baru jika sudah tidak layak untuk digunakan.

  • Memiliki gangguan otak

Penglihatan menjadi kabur bisa jadi ini merupakan tanda awal dari adanya masalah dengan otak. Saat kinerja saraf-saraf mata menaglami masalah, maka indera mata akan menjadi tidak sehat dan akan menyebabkan mata terasa kabur. Untuk memastikan kondisi ini, anda harus segera konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

  • Perubahan Hormon

Terjadinya perubahan hormon dapat menyebabkan pergeseran cairan di belakang kornea dan mengubah bentuk ketebalan kornea mata akibatnya daya pandang mata menjadi kabur atau ganda. # Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda

  • Katarak

Katarak adalah penyakit mata yang ditandai dengan keruhnya lensa mata sehingga menyebabkan penglihatan mata menjadi buram dan kabur bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Umumnya katarak terjadin pada lansia, namun tidak menutup kemungkinan usia muda juga dapat mengalami kondisi ini.

Penyakit ini biasanya dapat dipicu oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Faktor genetik
  • Cedera pada mata
  • Akibat sering menggunakan tetes mata yang mengandung steroid
  • Paparan sinar matahari (ultraviolet) yang berlebihan pada lensa mata
  • Penyakit diabetes. Akibat kadar gula darah yang tinggi tidak terkontrol dapat menyebabkan kekeruhan pada lensa mata.
  • Komplikasi dari infeksi mata, penyakit kronis, merokok dan nutrisi yang buruk juga dapat menyebabkan peningkatan resiko katarak usia muda.

Itulah beberapa Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda yang mungkin menjadi penyebab masalah anda. Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda tersebut, alangkah baiknya anda segera konsultasikan ke dokter agar gangguan tersebut tidak semakin parah dan untuk mengetahui cara yang tepat mengatasinya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

~~~Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat~~~

By. Penyebab Penglihatan Mata Menjadi Kabur Di Usia Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *